Polisi Pemegang Senpi Wajib Lolos Tes Psikologi

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Dengan adanya kejadian tentang penyalahgunaan senjata api (senpi) oleh oknum anggota kepolisian di sejumlah daerah baru-baru ini.

Terkait hal tersebut, Polres Temanggung – Polda Jawa Tengah langsung merespon dengan menggelar tes psikologi bagi calon dan pemegang senpi itu sendiri.

Penggunaan senpi diatur dalam Perkap nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.

Mereka yang dapat menggunakan senpi organik adalah yang bertugas di ranah penegakan hukum seperti reserse kriminal dan narkoba, polisi lalulintas, sabhara, brimob dan pol air.

Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo saat memantau tes psikologi di kompleks gedung Kampus STAINU Kabupaten Temanggung, Rabu (25/10/2017), menjelaskan, selain kartu kepemilikan senpi atau kartu pas, salah satu syarat penggunaan senpi adalah anggota harus lolos tes psikologi.

Menurutnya, tes psikologi ini akan dilakukan secara rutin, minimal setahun sekali.

Dijelaskan Maesa, apabila masa berlaku dari dua syarat ini habis, maka senpi harus digudangkan dan dapat dipakai setelah anggota melakukan perpanjangan.

“Apabila izin dari tes psikologis habis, tapi kartu pas senpi masih berlaku, maka senjata tersebut tetap harus digudangkan,” jelas Maesa.

Ia sendiri menilai bahwa tes psikologis dinilai sangat penting, karena untuk mengetahui tingkat emosi pengguna/pemegang senjata api.

Lebih lanjut Maesa menerangkan, setiap anggota kepolisian yang membawa senpi harus mempedomani standar operasi prosedur (SOP) penggunaan senpi, khususnya saat bertugas di lapangan.

“Apabila sedang tidak bertugas, maka senpi harus disimpan atau jangan sampai berpindah tangan ke orang lain,” tegasnya.

Selain menggelar tes psikologi, Polres Temanggung juga terus melakukan pemeriksaan senjata api yang dilakukan secara rutin setiap enam bulan sekali atau yang bersifat dadakan.

Satu persatu senjata diperiksa, terkait kebersihan, dan dipastikan senjata dapat berfungsi normal serta tidak macet.

(Humas Polres Temanggung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *