Tanam Bawang Putih Secara Serempak, Temanggung Siap Jadi Pemasok Tingkat Nasional

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Waka Polres Temanggung Kompol Prawoko menghadiri kegiatan tanam serempak bawang putih oleh Menteri Pertanian dan Bupati Temanggung di Dusun Butuh, Desa Tanggulanom Kecamatan Selopampang, Selasa (7/11).

Pada kesempatan itu Menteri Pertanian yang diwakili oleh Ir. Pristasto Setyanto selaku direktur tanaman sayur dan obat kementrian pertanian dalam sambutannya mengatakan, penanaman bawang putih secara serempak di tiga sentra utama bawang putih yaitu Magelang, Temanggung dan Lombok Timur, semoga bisa menjadi awal yang baik bagi kebangkitan bawang putih Nasional.

“Mudah-mudahan dengan tanam serentak bawang putih ini, Indonesia yang dulunya pengimpor akan menjadi pengekspor bawang putih,” ungkapnya.

Pristasto melanjutkan, bahwa Kementrian pertanian saat ini sedang dan terus gencar mendorong pencapaian swasembada untuk beberapa komoditas strategis yaitu padi, jagung dan bawang merah.

“Alhamdulillah sudah tercapai sehingga terget selanjutnya swasembada bawang putih yang diproyeksikan Tahun 2033, namun akan dipercepat menjadi Tahun 2019 sudah swasembada bawang putih,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Temanggung H. Bambang Sukarno mengatakan bahwa lahan yang ditanami bawang putih di Kabupaten Temanggung mencapai 1.120 Ha dan 15 Ha berada di Selopampang.

“Mudah-mudahan dengan tanam bawang putih di Desa Tanggulanom ini, nantinya Kabupaten Temanggung dapat menjadi pemasok bawang putih tingkat nasional,” harapnya.

(Humas Polres Temanggung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *