Sadranan Jadi Media Silahturahmi Bhabinkamtibmas Satu Ini

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Warga dusun Banjaran, Desa Plosogaden, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung sempat terkejut saat melihat polisi mendatangi warga yang sedang mengikuti acara sadranan makam, Jumat (08/12/17) Pagi.

Ternyata Polisi itu ingin mengikuti sadranan, ia adalah Bripka Marwan anggota Polsek Candiroto, Polres Temanggung, Polda Jateng yang ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas Desa Plosogaden.

Kata Marwan mengikuti sadranan makam di dusun Banjaran itu merupakan salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga masyarakat, karena dengan silaturahmi yang baik dapat meningkatkan kualitas keamanan di Desa Plosogaden.

“Dengan silaturahmi yang baik keamanan di Desa Plosogaden dapat terjaga, karena apabila masyarakat dekat dengan Bhabinkamtibmas, masyarakat akan langsung memberikan informasi apabila disekitarnya terjadi gangguan keamanan,” kata Marwan saat mengikuti sadranan.

Qhundori (40) kaum Dusun Banjaran menuturkan sadranan makam ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, juga salah satu usaha melestarikan budaya yang berasal dari nenek moyang.

“ Sadranan makam ini kami isi dengan bersih makam dan lingkungan dusun, kemudian tahlil dan doa untuk kesejahteraan masyarakat, semoga dijauhkan dari musibah dan selalu tercipta situasi yang aman, tentram dan damai,” tutur Kaum Dusun Banjaran itu.

Sebagai penutup acaranya, Bripka Marwan dan warga Dusun Banjaran makan tumpeng ingkung bersama.

(Humas Polres Temanggung)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *