Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Bulu Intensifkan Pembinaan Ke Desa

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Polsek Bulu Polres Temanggung melaksanakan pembinaan tentang Narkoba dan Kenakan Remaja di desa Tegalurung, dengan tujuan agar masyarakat wilayah Kecamatan Bulu terhindar dari kenakalan remaja, yang bisa berdampak menjurus/mengenal Narkoba, Rabu (27/12/2017).

Kapolsek Bulu AKP Rizal melalui Kasiumnya Aiptu Suryadi mengatakan bahwa saat ini kenakalan remaja menjadi salah satu permasalahan nasional di Indonesia. Kenakalan remaja itu sendiri dapat diartikan sebagai perilaku yang menyimpang dan termasuk sebagai permasalahan yang melibatkan hukum dan dilakukan oleh remaja. Banyak orang berpendapat bahwa kenakalan remaja tersebut dilakukan oleh seseorang yang merasa sudah dewasa tetapi pada kenyataannya masih anak-anak dan berusia 13-18 tahun.

Suryadi mengatakan banyak faktor pendukung yang menjadikan para remaja tersebut bertindak buruk. Faktor pendukung ini terbagi dua yakni, faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang dibuat oleh remaja itu sendiri  seperti Kontrol diri yang lemah dan krisis identitas. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang disebabkan dari luar seperti keluarga yang buruk, bergaul dengan teman sebayanya yang buruk maupun komunitas atau lingkungan yang kurang baik juga. Kenakalan remaja tersebut dapat berupa tawuran, merokok, memakai narkoba, dan seks bebas.

“Banyak Faktor yang mempengaruhi namun yang paling dominan adalah lingkungan,” ungkapnya.

Usia remaja yang telah disebutkan sebelumnya merupakan usia bagi seseorang untuk mencari jati dirinya dan masih belum stabil sehingga belum mampu membedakan yang baik dan yang buruk. Dalam usia tersebut seseorang seharusnya tumbuh dengan dibarengi oleh pendidikan yang baik dan pantas dan juga didampingi oleh orangtua dalam menjalani masa remajanya.

Perkembangan remaja harus diarahkan ke arah yang positif dengan didampingi oleh orang tua dan pendidikan yang positif juga. Dengan melakukan hal tersebut masalah kenakalan remaja akan dapat teratasi sedikit demi sedikit, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut kepala desa Tegalurung Bapak Zaenudin mengucapakan terima kasih kepada Polsek Bulu, Polres Temanggung, Polda jateng  yang telah memberikan pembinaan kenakalan remaja kepada pemuda dan pemudi serta ibu – ibu PKK di Balai Desa Tegalurung yang berjumlah 70 orang, saya minta pembinaan ini dapat berkelanjutan.

“Kegiatan ini sangat besar sekali manfaatnya bagi masyarakat, saya harap akan terus dilakukan secara kontinyu,” Harapnya.

(Humas Polres Temanggung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *