BPBD Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Temanggung Menggelar Simulasi Penanganan Bencana Alam dan Pemasangan EWS

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Bulu –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Temanggung menggelar simulasi penanganan bencana alam dan gempa bumi dipusatkan di Dusun Dukuh Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kamis.15/3/2018 pukul 14.00 wib

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pemasangan alat EWS di Dusun Dukuh Desa Wonosari, alat tersebut merupakan alat pendeteksi tanah longsor.

Ketua BPBD Propinsi Jawa Tengah, Bapak Agus Hariyanto,  “ mengatakan, pemasangan alat EWS bertujuan untuk mendeteksi tanah longsor  karena Desa Wonosari dipandang perlu pemasangan alat tersebut, untuk mengantisipasi kejadian tanah longsor di daerah itu, serta mengadakan simulasi penanganan bencana alam oleh BPBD Propinsi dan Kabupaten Temanggung.

Ia mengatakan, gladi lapang atau simulasi bencana merupakan salah satu metode latihan yang dilaksanakan oleh seluruh unsur pelaku sesuai dengan bidang tugasnya, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan di lapangan.

“Simulasi ini bertujuan untuk menguji kemampuan instansi di daerah ini dalam menghadapi bencana alam yang datang tanpa diduga, mengingat kabupaten ini termasuk daerah rawan bencana yang mendekati situasi dan kondisi sebenarnya.
Secara spesifik kata Agus, gladi lapang akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis serta koordinasi dan komando yang lebih baik dalam penanggulangan bencana.

Penyelenggaraan simulasi akan mendorong kesiap siagaan aparat dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

“Kita berharap, seluruh pemangku kepentingan di daerah ini memiliki kemampuan dalam menjalankan fungsi dan koordinasi serta fungsi komando dalam penanggulangan bencana alam, serta mampu memobilisasi sumber daya dan bisa mengoperasikan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pengendalian dan pengawasan operasional penanggulangan bencana,” ujarnya.

Ditempat terpisah Kapolsek Bulu Polres Temanggung Polda Jawa Tengah AKP Agus Rizal Yudha Baskara S.Sos., mengatakan dengan pemasangan alat EWS ini mari kita bersama – sama dengan masyarakat khususnya Desa Wonosari mengamankan alat tersebut, agar alat pendeteksi tanah longsor ini dapat bermanfaat, untuk mengantisipasi bila sewaktu – waktu terjadi tanah longsor dapat diantisipasi dari awal.

( Humas Bulu Polres Temanggung Polda Jawa Tengah )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *