Polres Temanggung Melakukan Pengamanan Pengambilan 12 Ribu Botol Air Suci Waisak

Tribatanews.temanggung.jateng,polri.go.id, Temanggung – Beberapa sangha dan majelis mengikuti Puja Bakti Air Berkah Waisak di Umbul Jumprit Desa Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo, Senin (28/05/18). Mereka di antaranya Sangha Teravada, Mahayana, Tantrayana, Madhatantri, Mahanikaya, Majelis Tridharma , Kasogatan, dan Majelis Mapanbumi.

Pengambilan air suci dilakukan oleh perwakilan masing – masing sangha dan majelis melakukan Puja Bhakti, air berkah dari umbul tersebut dimasukkan ke dalam beberapa kendi. Selanjutnya melakukan pengisian air berkah sebanyak 12 ribu botol, kemudian dibawa ke Candi Mendhut Kabupaten Magelang.

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Wakapolres Temanggung Kompol Prawoko mengatakan bahwa dalam pengamanan kali ini Polres Temanggung menurunkan 80 Personel yang terbagi dalam pengaman terbuka maupun tertutup.

Sementara itu Biksuni dari Majelis Maju Bumi, Maltri Kusala mengatakan, pengambilan air suci tersebut bertujuan untuk koreksi diri agar lebih baik dari hari sebelumnya oleh seluruh umat di dunia supaya sadar bahwa jiwa ini bagaikan jiwa Sang Budha tanpa memandang agama dan cinta kasih terhadap sesama manusia.

“Pengambilan air suci tahun ini mempunyai makna pembersihan jiwa manusia ,” terangnya.

Wakil Ketua Pengambilan Air Berkah Waisak Martius Nata, mengatakan bahwa pengambilan air berkah waisak 2562 BE/2018 tersebut diambil sebanyak 12.000 botol. Selanjutnya dibawa ke Candi Mendhut di Kabupaten Magelang.

Sebelum upacara pemberkahan dilakukan pembersihan dan pemeliharaan area Umbul Jumprit terlebih dahulu pada tanggal 15–18 Mei 2018. Dalam upacara pemberkahan Air Suci Waisak tersebut masing-masing majelis melakukan puja bakti di sebuah altar di kawasan Umbul Jumprit.

Perayaan Tri Suci Waisak tahun ini bertujuan untuk memohon berkah keselamatan bagi seluruh warga Indonesia agar terhindar dari segala marabahaya dan mala petaka. Air suci yang diambil melambangkan kesejukan, kesuburan, energi positif, serta bisa dijadikan tauladan sifat rendah hati dan penuh damai.

 

(Humas Polres Temanggung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *