Pesan Kapolsek Bejen dalam Sosialisasi Pengangkatan Perangkat Desa

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id. Bejen – Bertempat di aula Kecamatan Bejen, Kapolsek Bejen Polres Temanggung AKP Taryanto SH menghadiri Sosialisasi Pengangkatan Perangkat Desa pada hari Selasa ( 21/08/18 ). Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan Desa, Panitia seleksi pengangkatan perangkat Desa dan seksi penjaringan pengangkatan perangkat Desa dari 4 ( Empat ) Desa yang akan melaksanakan Tes/ Seleksi pengangkatan perangkat Desa, yaitu Desa Ngaliyan, Desa Bejen, Desa Kebondalem dan Desa Lowungu.

Sosialisasi yang disampaikan oleh Kabag Pemerintahan Desa Kabupaten Temanggung Bp Romadhon berisi tentang teknik pelaksanaan Tes/ Seleksi pengangkatan perangkat Desa dan pelantikan perangkat Desa, antara lain : 1. Tes/ Seleksi pengangkatan perangkat Desa ada 2 ( Dua ) macam ( Tertulis dan Praktek ) dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat Desa yang mahir komputer dan memahami regulasi yang ada. 2. Soal Tes/ Seleksi sebanyak 100 pertanyaan terdiri dari UUD dan Pancasila, Pengetahuan Umum, Pemdes dan Pemkab dan Komputer. Dengan pembagian prosentasi : Ujian tertulis 60 % dan Ujian praktek komputer 40 %. Lebih lanjut Kabag Pemdes menyampaikan bahwa pelantikan perangkat Desa terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 14 September s/d 24 Sempember 2018, sedangkan biaya penyelenggaraan dibebankan kepada APBDes.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Bejen AKP Taryanto SH menyampaikan pesan moral kepada Panitia seleksi pengangkatan perangkat Desa agar : 1. Memahami Peraturan Bupati Nomor 92/2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa. 2. Agar kordinasi dengan Polsek Bejen tentang rencana pembuatan soal soal ujian seleksi, baik waktu dan tempatnya. 3. Agar penggunaan biaya penyelenggaraan pengangkatan perangkat Desa ( dari seluruh tahapan kegiatan ) sesuai dengan dana yang telah ditentukan. 4. Agar pihak panitia Seleksi pengangkatan perangkat Desa bersikap profesional dan netral, tidak berpihak pada salah satu calon, merahasiakan dan tidak membocorkan soal soal ujian yang telah dibuat kepada siapapun.

Pesan terakhir Kapolsek Bejen kepada panitia seleksi pengangkatan perangkat Desa adalah agar dapat menjaga netralitas dan profesionalitas serta tidak terpengaruh dengan intimidasi dan iming iming yang dijanjikan oleh calon perangkat Desa atau pihak siapapun juga. Insyaallah nanti pasca pelaksanaan seleksi pengangkatan perangkat Desa situasi keamanan dan ketertiban di Desa tetap terjaga dan terkendali. ( Humas Bejen ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *