Tradisi Bersih Desa Dijadikan Momentum Untuk Merekatkan Tali silaturahim Warga Ngaliyan

Ttibratnews.temanggung.jateng.polri.go.id. Bejen – Kapolsek Bejen Polres Temanggung AKP Taryanto SH bersama dengan Kanit Binmas AIPTU Bambang Subuyono dan Bhabinkamtibmas Desa Ngaliyan Brigadir Muhamad Nur Huda SH menghadiri undangan kegiatan masyarakat Desa Ngaliyan yang dilaksanakan setahun sekali menjelang Bulan Sura ( Kalender Jawa ) yaitu ” Lampet Dawuhan ” atau yang lebih dikenal dengan nama ” Bersih Desa “. Minggu (03/09/18).

Tradisi budaya kejawen Lampet Dawuhan atau Bersih Desa dilaksanakan oleh masyarakat Desa Ngaliyan secara turun temurun setiap tahunnya menjelang memasuki bulan Sura ( Kalender Jawa ). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghormati Sosok legendaris ( Simbah Tonogati atau Simbah Onggo Joyo ) yang dipercaya oleh warga Desa Ngaliyan yang  telah berjasa besar karena beliaulah yang diyakini pertama kali membangun saluran irigasi dari Desa Duren hingga mengalirkan air sampai ke Desa Ngaliyan. Dan sampai sekarang air irigasi tersebut masih dimanfaatkan oleh masyarakat Desa untuk mengairi sawah dan keperluan keperluan lainnya dan menjadikan sawah dan kebun yang ada di Desa Ngaliyan Subur.

Bersih Desa diawali dengan : Mengadakan sesaji di bendungan sungai Logong Desa Duren, Mengadakan Tahlilan di makam Simbah Tonogati atau Onggo Joyo dan slamatan di Batu Tumpang yaang terletak di sungai Logong, membawa air dengan mulut di sepanjang aliran irigasi dg tujuan agar air irigasi lancar untuk mengairi sawah, penyerahan wayang kulit oleh Kepala Desa Ngaliyan kepada Dalang sebelum pentas wayang dimulai.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Bejen AKP Taryanto SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Ngaliyan atas undangannya serta apresiasi yang tinggi kepada warga masyarakat karena masih tetap mempertahankan dan nguri nguri tradisi budaya lokal. Lebih lanjut Kapolsek berpesan agar momentum Lampet Dawuhan atau Bersih Desa ini bisa menjadi perekat tali silaturahim sehingga dapat terwujud masyarakat yang guyup rukun dan pada akhirnya dapat tercipta keamanan dan ketertiban di tengah tengah masyarkat.

 

(Humas Polsek Bejen Polres Temanggung).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *