Polsek Candiroto Berikan Pengamanan Istighosah Di Makam Sultan Trenggono Kusumo Desa Muneng

 

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id. Candiroto – Sudah menjadi agenda rutin Pondok Pesantren Al Munawwaroh Kejajar Kabupaten Wonosobo dengan pengasuh Gus H Muhammad Munawir (Gus Dong) bin Almarhum Bapak KH Munawir melaksanakan Ziarah dan Istighosah Kubro di Makam Sultan Trenggono Kusumo di Desa Muneng Candiroto Kabupaten Temanggung, Minggu (21/10/18).

Hal yang cukup unik dan menarik perhatian adalah para santri serta masyarakat yang mengikuti ziarah napak tilas dengan berjalan kaki dari Pondok Al Munawwaroh Kecamatan Kejajar Wonosobo menuju Makam Sultan Trenggono Kusumo di Desa Muneng Candiroto yang berjarak kurang lebih 35 km, jarak yang cukup jauh apabila ditempuh dengan jalan kaki. Hal tersebut sudah menjadi tradisi dan diyakini akan menambah berkah bagi para peserta ziarah.

Peserta ziarah tidak hanya diikuti para santri dari pondok Al Munawaroh Wonosobo tetapi banyak warga masyarakat dari Temanggung maupun luar Temanggung yang datang untuk Ziarah dan berdoa di makam tersebut yang bisa mencapai 7.000 orang.

Untuk memberikan rasa aman dan sebagai bentuk pelayanan kepada para peziarah, Kapolsek Candiroto Polres Temanggung AKP Jianto, S.H memerintahkan Wakapolsek Candiroto Iptu Subagiyono untuk memimpin pengamanan dengan 12 personel Polsek Candiroto yang disebar di pos-pos yang sudah ditentukan, ada yang di lokasi makam, ada yang patroli sepanjang jalan yang dilalui para peserta ziarah dan dilokasi parkir kendaraan, serta pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan.

“Banyaknya masyarakat yang datang tidak menutup kemungkinan terjadi kerawanan, seperti curanmor, penipuan atau kerawanan yang lain, sehingga kami berikan pengamanan semaksimal mungkin” terang Wakapolsek Candiroto.

Panitia ziarah makam mengucapkan terima kasih kepada Petugas Polsek Candiroto yang sudah melakukan pengamaman di kegiatan ziarah dan Istighosah Makam Sultan Trengguno Kusumo sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam Ziarah. Menjelang pukul 17.00 wib peziarah sudah mulai sepi dan petugas meninggalkan lokasi Makam Sultan Trenggono Kusumo dan kegiatan ziarah makam dan istighosah berjalan aman dan lancar.

(Humas Polsek Candiroto Polres Temanggung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *