“Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Gelar Kampanye “GERMAS” di Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan”

 

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id. Kranggan.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Budi Kristianto menggelar Kampanye Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) di Kabupaten Temanggung tepatnya di Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan terkait pentingnya menjaga pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari. Kapolsek Kranggan Polres Temanggung AKP Yanu Fajar Saptono hadir dalam giat dimaksud. Jumat (16/11/18).

Dalam kegiatan tersebut Hadir pula Dinkes Prov. Jateng Budi Kristianto, DPRD Prov. Jateng Komisi E Hj.Endriyaningsih Yunita,SP, Sekretaris 1 Kab. Temanggug Satwoko Edi, Kadinkes Kab.Temanggung Dr. Suparjo M, Sekdinkes Kab. Temanggung Drs. Adi Nur Tantio, Ketua Puskemas Pare, Muspika Kranggan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perwakilan warga Desa Ngropoh.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Budi Kristianto  dalam sambutannya menyampaikan Tujuan kampanye ini mensosialisasikan Germas kepada masyarakat di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan untuk mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Dalam hal ini yang menjadi pokok pembahasan adalah kegiatan promotif dan prepentif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular maupun tidak menular. Ungkapnya.

Sementara seluruh peserta yang mengikuti kampanye Germas selain diberikan pengertian pola hidup sehat seperti pola makan dianjurkan memperbanyak memakan sayur dan buah-buahan serta turut diberikan pelatihan senam sehat dengan tujuan agar meregangkan otot-otot badan.

Kadinkes Kab.Temanggung Dr. Suparjo M, dalam sambutannya mengajak warga masyarakat Desa Ngropoh untuk bersama-sama menerapkan Germas sebagai budaya kita agar sehat, bugar, produktif dan terhindar dari penyakit dengan melaksanakan : a) aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, b) mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, c) cek kesehatan secara berkala, d) diberikan ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, e) enyahkan asap rokok, f) fungsikan jamban sehat. Singkatnya.

“Harapan kami dengan adanya Germas ini bersama seluruh komponen lapisan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran, kemampuan kualitas hidup berprilaku sehat serta dapat meningkatkan drajat kesehatan masyarakat.” tuturnya.

“Humas Polsek Kranggan Polres Temanggung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *