Untuk Meningkatkan Kemampuan Linmas, Polsek Jumo Bersama Koramil Jumo Berikan Kepelatihan

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Untuk meningkatkan kemampuan Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Kalibanger Kecamatan Gewangan Kabupaten Temanggung mendapat pembinaan serta pelatihan linmas dari Polsek Jumo Polres Temanggung dan Koramil Jumo Kodim 0706 Temanggung yang bertempat di Balai Desa Kalibanger, Rabu (05/12/2018).

Linmas yang merupakan garda terdepan dan pendukung utama Polri dalam membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, sehingga setiap ada kegiatan yang melibatkan masa, Linmas harus terlibat langsung di dalamnya.

Kapolsek Jumo Polres Temanggung AKP Sudarjo didampingi Bhabinkamtibmas Desa Kalibanger Briptu Andi Wahyu Cahyono untuk menjadi narasumber sekaligus pelatih, serta Komandan Koramil Kaloran Kapten Inf Sutiyono menugaskan Babinsa Desa Kalibanger Peltu Sari Nugroho.

Materi yang disampaikan antara lain tentang tugas dan fungsi Linmas serta latihan meningkatkan kemampuan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan pelatihan beladiri serta cara membawa tahanan yang benar.

AKP Sudarjo dalam sambutannya mengatakan, “peran linmas pada pemerintahan tingkat desa yaitu sebagai pengemban pelayanan untuk menjaga kamtibmas dan perlindungan masyaraka serta menangani suatu permasalahan yang tejadi di dalam masyarakat”, tuturnya.

Terlebih dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik dalam penanganan bencana, ikut serta dalam harkamtibmas maupun keterlibatan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, Komandan Koramil Jumo Kapten Inf Sutiyono menjelaskan bahwa latihan linmas memerlukan waktu yang cukup, karena linmas adalah masyarakat yang dibekali keterampilan yang sangat dibutuhkan  masyarakat dan sebagai unsur pokok cadangan ketahanan Nasional.

 

(Humas Polres Temanggung)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *