Menyalahi Aturan, Ratusan APK Ditertibkan

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Polres Temanggung bersama dengan tim gabungan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dishub Kabupaten Temanggung melaksanakan penertiban alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 yang pemasangannya melanggar aturan, Selasa (11/12/18) Siang.

Murti Anggono selaku Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Temanggung mengatakan, bahwa sasaran penertiban pelanggaran pemasangan APK diantaranya melintang jalan raya, menempel pohon ayoman, berada di fasilitas pemerintah dan tempat ibadah serta materi yang profokatif.

Ia menambahkan bahwa penertiban ini berdasar Undang-Undang nomor tahun 2017, PKPU tentang kampanye, di mana salah satu klausul di dalamnya menyebutkan tentang pemasangan alat peraga kampanye dan juga penyebaran bahan kampanye.

“Sasaran penertiban APK kali ini meliputi Kecamatan Temanggung, Kedu, Parakan, dan Kledung,” terangnya di halaman kantor Bawaslu pada saat memberikan arahan sebelum melaksanakan penertiban.

Pada kesempatan yang sama, Murti juga menerangkan, bahwa penertiban APK tidak hanya di fasilitas umum, akan tetapi sebelumnya pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait termasuk Kepolisian, juga menertibkan stiker kampanye yang dipasang di mobil angkutan umum.

“Penertiban APK ini akan rutin kita laksanakan hingga dua hari kedepan, namun apabila ditemukan APK yang menyalahi aturan di luar jadwal akan kita laksanakan teguran maupun penertiban,” pungkasnya.

Pada akhir kegiatan, Kasat Binmas Polres Temanggung AKP Abu Dardak menerangkan, dari 200 APK yang berhasil ditertibkan, paling banyak berada di pertigaan Sariayam Parakan, Temanggung.

(Humas Polres Temanggung, Polda Jateng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *