Jelang Natal Dan Tahun Baru, Polres Temanggung Gandeng Satbrimob Polda Jateng Lakukan Sterilisasi Gereja

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id., Temanggung – Ciptakan rasa aman pada Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Polres Temanggung Polda Jateng datangkan Sat Brimob Simongan Polda Jateng dan anjing pelacak milik K9 Polres Temanggung untuk sterililkan gereja serta patroli bersama, Senin (24/12/2018).

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo menerangkan, pihaknya mendatangkan pasukan yang benar-benar berkompeten dalam melakukan sterilisasi untuk memberikan rasa aman kepada jemaat gereja sebelum dilaksanakannya perayaan Natal tahun ini serta dalam rangka menciptakan situasi yang konsudif pihaknya juga melaksanakan patroli maupun pengamanan baik itu obyek fital maupun tempat wisata yang dimungkinkan digunakan masyarakat pada saat libur sekolah maupun tahun baru.

“Dalam Ops Lilin Candi-208 kali ini, tim Brimob serta team Sabhara dari Polres Temanggung melakukan pemeriksaan maupun sterilisasi secara detail disetiap sudut-sudut gereja, selain itu kami datangkan pula anjing pelacak khusus  pelacakan bahan peledak dari K9 Polres Temanggung, tidak lupa pengamanan maupun patroli dipusat keramaian juga rutin dilaksanakan,” terang orang nomor satu di Polres Temanggung tersebut.

Lebih lanjut Wiyono mengatakan, selain sterilisasi ini, dalam pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun baru 2019 Polres Temanggung mendirikan tiga pos pengamanan yang melekat di tiga Gereja yaitu Gereja St. Petrus dan Paulus, Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI), Gereja Keluarga Kudus Parakan serta satu pos pelayanan di perempatan BCA Temanggung.

“Pos Pelayanan yang kami dirikan di perempatan BCA lebih besar dibandingkan lainnya, juga instansi yang dilibatkan lebih banyak, mulai dari Kodim 0706 Temanggung, Satpol PP, BPBD, Damkar, Orari, Satkom, dan masih banyak lainnya,” kata Kapolres

Wiyono menambahkan hal tersebut dimaksudkan untuk antisipasi keramaian yang biasanya terpusat di Alun-alun Temanggung pada saat perayaan Tahun Baru 2019 mendatang.

Sementara itu Catur selaku pengurus Gereja Santo petrus dan Paulus mengaku senang dengan datangnya anggota kepolisian yang menyeterilkan gereja sebelum perayaan  Natal tersebut karena dengan kehadiran Polisi para jemaat yang akan melaksanakan ibadah lebih nyaman dan terbantu dalam pengaturan arus Lalulintas.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada aparat yang sudah menyeterilkan gereja kami, dengan sterilisasi ini  tentunya jemaat kami bisa beribadah dengan lebih hikmat karena mengetahui gereja kami aman, dan teriring doa semoga para petugas diberikan kesehatan dan keselamatan,” tuturnya.

(Humas Polres Temanggung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *