Kapolres Temanggung Perintahkan Bhabinkamtibmas Giatkan Ronda Malam Untuk Antisipasi Bencana

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas diminta untuk aktif sambang dan menggiatkan ronda malam di daerah binaannya, khusunya  di daerah yang rawan terjadi bencana tanah longsor.

“Para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas agar lebih proaktif dan selalu siap siaga menghadapi bencana salah satunya dengan menggiatkan kembali ronda malam agar apabila terjadi bencana korban dapat diminimalisir,” kata Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Wiyono Eko Prasetyo pada saat mengambil apel pagi di Halaman Polres Temanggung, Senin (21/01/2019).

Lebih lanjut orang nomor satu di Polres Temanggung Polda Jateng ini, mengharapkan dengan digiatkannya lagi ronda malam disetiap RT yang berada di daerah rawan longsor apabila ada bencana bisa mengetahui dan mendeteksi dini, serta dapat mengurangi terjadinya ganguan keamanan seperti pencurian pada malam hari.

Ia menyebutkan berdasarkan laporan yang ada bencana tanah longsor di Kabupatren Temanggung sering terjadi pada malam hari sehingga rawan terjadinya korban jiwa.

“Apabila bencana terjadi pada malam hari dan menimpa pemukiman warga maka akibatnya akan fatal, maka dari itu apabila ada yang melaksanakan ronda bencana akan cepat terdeteksi,” ujarnya.

Lanjut dia, ronda malam merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang harus dibudayakan dan harus digiatkan kembali mengingat apabila ada bencana masyarakat secara cepat dapat diberitahukan melalui alat kentongan yang biasa digunakan untuk ronda malam. Peran serta Kapolsek beserta Bhabinkamtibmasnya sangat besar dalam membangun kembali pam swakarsa masyarakat khusunya ronda malam maupun pos kamling.

(Humas Polres Temanggung Polda Jateng).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *