Kapolsek kaloran hadiri undangan pentas seni wayang kulit

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Kaloran –  Seni wayang kulit adalah salah satu seni tradisional Indonesia   yang terutama berkembang di Pulau Jawa. Wayang berasal dari kata ‘Ma hyang’ yang artinya menuju kepada roh spiritual kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ada juga yang mengartikan wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna ‘bayangan’, hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja.

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik  gamelan yang dimainkan sekelompok wiyogo dan para pesinden sebagai penyanyinya. Sabtu malam ( 21/09/2019 ).

Kapolsek Kaloran AKP H Sutrisno SH menghadiri undangan pentas seni wayang kulit di Dusun Kalisat Desa Kalimanggis dalam rangka Memperingati Tanggap Warsa Warga Saptadarma 1 sura 1953 saka jawa. Hadir dalam acara tersebut Bupati Temanggung, Muspika Kecamatan Kaloran, Kades, Toma dan beberapa tamu undangan sekitar 450 orang.

Pentas seni wayang kulit dengan Ki dalang Ki Sunarpo dari Purworejo dengan lakon ” Bayu Waseso Tunggal“. Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Kaloran AKP H sutrisno SH menyampaikan selaku orang Jawa agar selalu nguri- nguri ( melestarikan ) seni wayang kulit sebagai salah satu aset bangsa Indonesia khususnya orang Jawa, karena wayang kulit merupakan salah satu kesenian yang memang harus dipertahankan keberadaannya, tidak boleh kalah dengan seni negara asing” tutur Kapolsek Kaloran . Dalam kesempatan tersebut Kapolsek juga menyisipkan pesan-pesan Kamtibmas menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan, saling menghormati anatar pemeluk agama, dan jangan fanatisme.

( Humas Polsek Kaloran Polres Temanggung )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *