Kapolsek Tembarak pimpin evakuasi para pendaki gunung sumbing yang lewat jalur BC Banaran

tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id.tembarak-Kapolsek Tembarak Polres Temanggung Akp Ari fajar sugeng,S.Sos pimpin anggota dan instansi terkait lakukan evakuasi para pendaki gunung sumbing yang melewati jalur jalan BC Banaran,Minggu,(22/09/2019).

Evakuasi para pendaki yang berjumlah kurang lebih 170 dari Pos 1 dan titik 0 berjumlah 134 dan BC Banaran 36,dievakuasi dikarenakan telah terjadi kebakaran hutan pada petak 27-7. RPH Kemloko ( sebelah selatan Punggungan) jalur pendakian BC Banaran,dan hal tersebut dilakukan guna untuk mengantisipasi/ menghindari hal- hal yang tidak diinginkan dan semua pendaki sudah berhasil diturunkan dan berada di BC Banaran.

Adapun kronologi kebakaran :

Titik asap terlihat pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 sekira pukul 18.00 Wib kemudian dilakukan pemantauan dan observasi lokasi oleh personil BC Banaran pada malam harinya namun tidak terlihat lagi,akan tetapi tadi pagi Minggu tanggal 22 September 2019 kurang lebih pukul 03.00 Wib,api terlihat lagi dari BC Banaran hingga kemudian dilakukan upaya evakuasi seluruh pendaki yang melewati jalur Banaran,dan rencana tindak lanjut akan dilakukan penyisiran bersama Perhutani melalui jalur Walitis yaitu Butuh,Tanggulanom dan titik kumpul dirumah Dinas Kemloko dan penyisiran dilakukan hari Minggu 22 September 2019 dengan tambahan personil.

Upaya yang telah dilakukan : adalah Evakuasi seluruh pendaki gunung sumbing yang melewati jalur BC Banaran.

Rapat koordinasi dan apel bersama di pos komando pelaksanaan siaga kebakaran Hutan RPH Kemloko BKPH Temanggung KPH Kedu Utara pada hari Minggu 22 September 2019 pukul ,09.00 Wib yang di hadiri :

Asper Perhutani Pak Kusino,Kapolsek Tembarak Akp Ari fajar,Danramil 11 Tembarak Kapten Arm Misno,Camat Tembarak Adi Pitoko,S.Sos MM,BPBD Temanggung Pak Humam,lembaga lingkungan hidup Mbak Nuryanti,Kasat Reskrim Polres Temanggung Akp M.Alfan ,Sik.

Adapun hasil dari rapat Koordinasi adalah: Tidak mungkin pemadaman diambil tindakan hari ini Minggu,22 September 2019 ,berkaitan dengan estimasi waktu menuju lokasi kebakaran.

Setelah rapat koordinasi dari Perhutani dan BPBD akan melakukan Mapping untuk memastikan titik apinya,dan malam ini akan melakukan rapat kordinasi lagi di BC Banaran.

Tehnik yang akan digunakan untuk pemadaman kemungkinan yaitu akan membuat sekat bakar demikian rencana yang akan dilakukan.

( Humas Polsek Tembarak Polres Temanggung ).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *