Cegah Pelanggaran Penggunaan Senpi, Ratusan Personel Polres Temanggung Jalani Tes Psikologi Kelayakan

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan dan pelanggaran personel bagi pemegang senjata api, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jateng melaksanakan pemeriksaan kejiawaan kepada personel Polres Temanggung, Selasa (5/11/19).

Sebanyak 130 personel Polri dari masing-masing fungsi opsnal seperti Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Narkoba Polres Temanggung dan polsek jajaran, Sat Sabhara Polres Temanggung mengikuti Tes Pemeriksaan Kejiwaan dari Biddokkes Polda Jateng dengan Ketua Tim AKBP dr. Khusnan Marzuki, MM bersama anggota di Aula Sindoro Sumbing Polres Temanggung.

Sebelum dimulainya tes, AKBP dr. Khusnan Marzuki, MM berkesempatan memberikan sambutan dengan mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang telah hadir untuk mengikuti kegiata tersebut. Tujuan dilaksanakan pemeriksaan ini yaitu sebagai tolak ukur layak tidaknya personel untuk memegang senjata api.

“Pemeriksaan kejiwaan ini kami laksanakan kepada personel dengan harapan tidak terjadi penyalahgunaan dan pelanggaran personel pemegang senjata api. Untuk pimpinan di masing-masing fungsi agar meningkatkan pengawasan kepada anggotanya yang memegang senjata api,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali melalui Wakapolres Kompol Kelik Budiono pada kesempatan tersebut mengatakan, tes psikologi ini merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh anggota yang memegang senpi. Usai tes ini, mereka tidak bisa langsung menggunakan senpi, tetapi masih ada penelitian personel.

“Dari hasil penilaian tes psikologi ini, dapat memperlihatkan karakter masing-masing anggota. Bagi anggota yang dinyatakan lulus tes psikologi, tidak serta merta langsung bisa menggunakan senpi, tetapi ada tahapan selanjutnya,” imbuhnya.

Dirinya berharap dengan adanya anggota yang memegang senpi ini, diharapkan mereka bisa mentaati peraturan, tidak lalai dalam melaksanakan tugas dan tidak menyalahgunakan penggunaan senpi itu.

(Humas Polres Temanggung)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *