Kaopolsek Bejen dan Kanit Binmas hadiri pertemuan desinfo introduksi vaksin dalam rangka koordinasi dan advokasi pada lintas sektoral dan tokoh agama

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id. Bejen – Kapolsek Bejen Polres Temanggung Iptu Zainal Akrom SH dan Kanit Binmas Aiptu Bambang Subiyono menghadiri pertemuan desinfo introduksi vaksin dalam rangka koordinasi dan advokasi pada lintas sektoral dan tokoh agama bertempat di Aula kantor Kecamatan Bejen, Selasa ( 05/11/2019 ).

Hadir pada pertemuan tersebut : Dinkes Profinsi Jateng dr. Z. Abidin, Ketua MUI Kabupaten Temanggung Kh. Faizun, Camat Bejen Drs. Edy Cahyadi MM, Kapolsek Bejen Iptu Zainal Akrom SH dan Kanit Binmas Aiptu Bambang Subiyono, Koramil Bejen Sertu Sutikno, Kepala Puskesmas Bejen dr. Supriyanto, Korwil Dindikpora Kec. Bejen Priya Andaka S. Pd, Kepala UPT se Kecamatan Bejen dan Kepala Desa se Kecamatan Bejen.

Sambutan Ketua MUI Kabupaten Temanggung KH. Faizun : Dukungan MUI dalam pelaksanaan program imunisasi sebagai berikut : 1. Dasar fatwa MUI tahun 2002 tentang penggunaan vaksin polio khusus. 2. Fatwa MUI tahun 2005 tentang penggunaan vaksin polio ural. 3. Fatwa MUI no 4 tahun 2016 tentang imunisasi. 4. Islam wajib menjaga kesehatan jasmani dan rohani karena penting. 5. Islam itu dasarnya Al Quran dan Hadis, kemudian baru ijma dan kiyas. 6. Intisari Fatwa : Imunisasi pada dasarnya dibolehkan sebagai bentuk ikhtiar untuk mencegah terjadinya penyakit. 7. Imunisasi dengan vaksin haram dan atau najis tidak dibolehkan, kecuali : – Digunakan pada kondisi darurat. – Belum diketemukan bahan vaksin yang halal dan suci. – Adanya keterangan dari medis yang berkompeten dan dapat dipercaya bahwa tidak ada vaksin yang halal. – Dalam hal jika seseorang tidak diimunisasi akan menyebabkan kematian, penyakit berat atau cacat permanen, maka imunisasi itu hukumnya wajib. – Orang tua wajib berpartisipasi menjaga kesehatan dan mendukung pelaksanaan imunisasi.

Pertemuan dihadiri 30 orang, selesai pada pukul 11.30 wib berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

( Humas Polsek Bejen Polres Temanggung ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *