Peduli Keselamatan Berlalulintas, Unit Dikyasa Satlantas Polres Temanggung Blusukan Ke SMK 17 Parakan

Tribratanews.temanggung.ateng.polri.go.id, Temanggung – Satlantas Polres Temanggung, Polda Jawa Tengah mendata pelanggaran lalu lintas paling banyak dilakukan para remaja usia sekolah. Yakni para pelajar usia tingkat SMP dan SMA. Atas dasar itulah, Satlantas Polres Temanggung terus melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi etika berkendara yang baik dan benar di jalan raya.

Unit Dikyasa Satlantas Polres Temanggung melakukan kunjungan ke SMK 17 Parakan Jalan Aip Mungkar, Panjangsari, Parakan Wetan, Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56254 ini, Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali melalui Kasat Lantas AKP Dina Novitasari melakukan sosialisasi kepada seluruh pelajar di sekolah tersebut. Sabtu (18/1/2020).

Dalam sosialisasi ini, para petugas memberikan edukasi mengenai rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi saat berkendara. Terlihat personel Unit Dikyasa Bripka Ismakun dan Briptu Sarah beserta tim memberikan bagaimana etika berkendara yang baik dan benar.

Beberapa jenis rambu-rambu lalu lintas dijelaskan dan ditunjukan simbol-simbol agar mudah dipahami, petugas juga menggambarkan simbol rambu-rambu lalu lintas dengan harapan siswa mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Selain itu, juga diajarkan etika berkendara yang baik seperti menggunakan helm saat berkendara dan melengkapi surat berkendara. Kegiatan diikuti oleh 500 siswa menyimak penjelasan tersebut secara serius.

Dikatakan Kasat Lantas AKP Dina Novitasari bahwa sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa terhadap etika berlalu lintas di jalan raya. Dengan sosialisasi ini, siswa dapat tertib beralu lintas dan mengerti etika dan aturan mengendalikan kendaraan yang baik.

“Sosialisasi ini dilakukan karena selama ini banyak pelanggaran yang terjadi terutama dilakukan anak sekolah diantaranya pelanggaran tidak memakai helm dan melanggar lampu merah. Kita harap dengan sosialisasi etika berlalu lintas ini dapat menurunkan jumlah pelanggar yang ada,” kata Kasat Lantas.

Lebih lanjut, Kasat Lantas menambahkan, kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilakukan pada satu sekolah saja. Namun, sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Temanggung juga akan disosialisasikan mengenai program etika berlalu lintas yang sama.

“Sejauh ini kegiatan mendapatkan respon positif baik dari pihak sekolah dan siswa. Kami berharap sekolah mendukung siswanya untuk tertib dan taat dalam berlalu lintas,” pungkas AKP Dina Novitasari.

(Humas Polres Temanggung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *