Kapospol Selopampang menghadiri undangan pembentukan Posyandu Remaja

tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id.tembarak- Kepala Pos Polisi ( Kapospol) Selopampang Iptu Suparno menghadiri undangan pembentukan Posyandu Remaja di Aula Puskesmas Selopampang,Selasa (18/02/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut :

1. Bapak Camat Selopampang,yang di Wakili Sekcam Bapak Sriyono,S.Sos

2. Kapospol Selopampang Iptu Suparno

3. Dan Pos Ramil Selopampang Peltu Suharyanto

4. Kepala Puskesmas Selopampang

5. Para Kades atau Pj Kades se Kecamatan Selopampang

6. Perwakilan remaja desa se Kecamatan Selopampang,perwakilan Ibu- ibu PKK se Kecamatan Selopampang serta para tamu undangan kurang lebih 45 orang.

Adapun acara di pandu atau di prakasai oleh Puskesmas Selopampang,dan sebelum acara dimulai diawali dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia raya,oleh Panitia kemudian dilanjutkan sambutan- sambutan.

Sambutan dari Kepala Puskesmas Selopampang dalam sambutanya yang pada intinya Posyandu Remaja hadir ditengah masyarakat untuk memberikan dampak, untuk memberikan arti terhadap pelayanan kesehatan remaja secara menyeluruh tanpa diskriminasi. Posyandu remaja hadir bukan untuk “nambah-nambahin” kerjaan nakes atau pemerintah Kelurahan, karena memberikan pelayanan kesehatan dan menjamin kesehatan anak usia sekolah dan remaja adalah amanah Undang-Undang. Posyandu remaja hadir bukan pula sebagai ajang mencari data atau survilans saja, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan remaja dan Masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan remaja.

Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Kegiatan Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (remaja) kegiatan dilakukan untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri. Tak hanya itu, posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja secara rutin setiap bulanya.

Dalam keterangan secara terpisah Camat Selopampang yang di Wakili Sekcam Bapak Sriyono S. Sos, menyampaikan “ Kompleksnya permasalahan kesehatan pada remaja, tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif dan  terintegrasi yang melibatkan semua unsur dari lintas program dan sektor terkait. Pembentukan Posyandu Remaja diharapkan dapat menjadi wadah untuk memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan remaja, menemukan alternatif pemecahan masalah, membentuk kelompok dukungan remaja, memperluas jangkauan Puskesmas, terutama bagi remaja yang memiliki keterbatasan akses.

Semua Desa diharapkan dapat  bekerjasama dengan Puskesmas untuk membentuk posyandu remaja di wilayah masing-masing, sehingga tujuan pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan tanpa diskriminasi bisa terwujud, termasuk untuk remaja. sehingga angka pernikahan dini perlahan turun, penyakit menular dan tidak menular menurun, imunisasi pada remaja meningkat, dan tentunya derajat kesehatan masyarakat juga akan meningkat. selain itu pemerintah berharap dengan adanya posyandu remaja, tingkat partisipasi remaja dalam berkontribusi di Masyarakat dapat meningkat dan tentunya juga kami berharap remaja bisa mengembangkan minat dan bakatnya sesuai dengan keinginannya dengan diwadahi oleh Posyandu remaja” ujarnya.

( Humas Polsek Tembarak Polres Temanggung ).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *