Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Puluhan Warga Dikenakan Sanksi Sosial Oleh Petugas Gabungan Operasi Yustisi

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Tingkatkan kesadaran masyarakat, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD Kabupaten Temanggung menggelar Operasi Yustisi di Pasar Kliwon Temanggung, Minggu (27/9/2020).

Operasi Yustisi yang dilakukan di beberapa titik tersebut di antaranya di Pasar Kliwon Temanggung dan juga dilaksanakan oleh 14 Polsek jajaran Polres Temanggung serta tim yang bergerak secara mobile.

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Muhamad Ali mengatakan, Polri terus menerus mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menghindari kegiatan yang bersifat berkerumun dan tetap lakukan Physical distancing.

“Operasi yustisi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Temanggung sebagai implementasi dari Intruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Temanggung No. 45 Tahun 2020,” tuturnya.

Terlihat dalam operasi itu, para petugas menghentikan baik pengunjung Pasar dan pengguna jalan yang beraktivitas tidak mengenakan masker. Para pelanggar langsung didata dan dijatuhi sanksi dari mulai kerja sosial menyapu jalan hingga sanksi fisik berupa push up serta memnyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan menghafalkan Pancasila. Sedikitnya ada puluhan warga yang terjaring dalam operasi yustisi tersebut.

Setelah diberikan sanksi, petugas memberikan masker secara gratis kepada masyarakat yang lalai dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Dengan adanya operasi yustisi ini, kami berharap warga semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutamam 3M dan 1T yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun,” pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *