Pastikan Protokol Kesehatan Dijalankan Dalam Perayaan Natal, Polres Temanggung Koordinasi Dengan Bamag

Tribratanews.temanggung.jateng.polri.go.id, Temanggung – Tak dapat dipungkiri selama pandemi Covid-19 ini kita harus menyesuaikan diri menjaga jarak dan selalu memakai masker ketika beraktifitas terutama ketika beribadah, mendekati Perayaan Natal tahun 2020 ini Kapolres Temanggung  AKBP Benny Setyowadi, S.I.K., M.Si. mengadakan Audiensi dengan Bamag (Badan Musyawarah Antar Gereja) Kabupaten Temanggung, Senin (24/11/20).

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mencari kesepakatan dan solusi yang terbaik terkait dengan pelaksanaan rangkaian kegiatan Natal tahun 2020 di wilayah Kabupaten Temanggung agar sesuai dengan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kapolres Temanggung meminta kepada pengurus Bamag agar tetap menerapkan protokol kesehatan di semua gereja, serta memperhatikan persentase kehadiran peserta ibadah agar dapat menjaga jarak ketika beribadah.

“Mohon kerjasamanya agar ibadah yang biasanya dipusatkan dalam satu kegiatan atau satu hari, maka bisa dibagi menjadi 3 kali kegiatan ibadah/kebaktian, kemudian gereja di daerah/Desa yang biasanya tidak melaksanakan misa natal, untuk tahun ini bisa melaksanakan misa di daerah agar gereja pusat tidak terlalu penuh ,” kata Kapolres.

Sementara itu Hari Santoso selaku Ketua Bamag Temanggung mengatakan, pandemi Covid-19 di Kabupaten Temanggung cenderung mengalami peningkatan, dengan pertimbangan tersebut maka  perayaan Natal bersama yang biasanya diadakan di Gedung Pemuda, untuk tahun ini rencananya  akan ditiadakan.

“Untuk menjaga social distancing di dalam gereja, kami akan menerapkan 20% jamaah yang hadir mengikuti kegiatan ibadah, serta akan menyusun SOP  kegiatan ibadah Natal untuk diedarkan ke gereja-gereja  di wilayah Kabupaten Temanggung,” kata Hari.

Lebih lanjut Kapolres Temanggung mengatakan, pengamanan perayaan natal dan tahun baru sudah rutin dilaksanakan dan pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Kodim 0706 Temanggung serta instansi terkait untuk mekanisme pengamanan kegiatan Natal Tahun 2020 dan Tahun baru 2021, sehingga jangan sampai perayaan maupun pengamanannya menjadi klaster baru Covid-19.

“Segera kami akan berkoordinasi dengan Dandim 0706 Temanggung dan instansi terkait tentang pengamanan kegiatan Natal tahun 2020 terutama pengamanan gereja yang ada di daerah, serta penerapan protokol kesehatannya, ” pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *